Game PC Terbaik Untuk Penggemar Permainan Arsitektur

Game PC Terbaik yang Wajib Dimainkan oleh Penggemar Arsitektur

Dunia arsitektur yang memesona tidak hanya berhenti pada batas bangunan nyata. Di dunia maya pun, terdapat berbagai game PC yang siap memanjakan hasrat para penggemar arsitektur dengan simulasi merancang dan membangun yang memukau. Berikut beberapa game PC terbaik yang sayang jika dilewatkan oleh para arsitek dan pecinta arsitektur:

1. The Sims 4

Buat yang suka kepo sama kehidupan orang lain, The Sims pasti udah nggak asing lagi. Nah, di The Sims 4, lo bukan cuma bisa ngintip dan ngatur kehidupan Sims, tapi lo juga bisa jadi arsiteknya! Dengan Build Mode yang canggih, lo bisa bebas mendesain rumah dan gedung impian lo. Mulai dari pemilihan bentuk bangunan, penataan tata letak, hingga dekorasi interior, semua bisa diatur sesuai selera lo.

2. ArchiCAD

Buat yang mau pengalaman arsitektur yang lebih profesional, ArchiCAD hadir sebagai jawabannya. Software desain arsitektur terkemuka ini menawarkan kemampuan yang sangat lengkap dalam hal perancangan dan visualisasi bangunan. Dengan ArchiCAD, lo bisa ngegambar denah, elevasi, bahkan perspektif tiga dimensi yang realistis, lengkap dengan material dan pencahayaan yang bisa diatur sendiri.

3. AutoCAD Architecture

Bukan cuma ArchiCAD, AutoCAD Architecture juga menjadi pilihan populer di kalangan arsitek. Salah satu kelebihannya adalah intergrasi yang mulus dengan software AutoCAD biasa, sehingga memudahkan lo untuk memodifikasi objek dan mengelola layer. Selain itu, AutoCAD Architecture juga memiliki fitur khusus untuk perancangan arsitektur, seperti objek dinding, pintu, dan jendela yang bisa langsung diseret dan diposisikan.

4. Revit Architecture

Kalau lo pengin ngerasain cara kerja arsitek profesional secara virtual, Revit Architecture bisa jadi pilihan tepatnya. Game PC ini nggak cuma menawarkan fitur desain yang canggih, tapi juga simulasi proses kerja yang sebenarnya. Lo bisa ngurus proyek dari awal hingga akhir, termasuk ngatur tim, ngumpulin data, dan bikin presentasi untuk klien.

5. SketchUp

Buat yang pengen mencoba dunia arsitektur tanpa modal gede, SketchUp menjadi pilihan yang tepat. Software gratis ini sangat user-friendly dan mudah digunakan, bahkan oleh pemula. Meski nggak sekomplet software profesional lainnya, SketchUp cukup mumpuni untuk ngebuat sketsa dan model bangunan sederhana. Fitur 3D Warehouse juga memungkinkan lo ngedownload model-model bangunan yang udah jadi, sehingga lo nggak perlu repot-repot ngegambar dari awal.

6. Minecraft

Siapa sangka game sepopuler Minecraft bisa jadi lahan subur buat arsitek dadakan? Di dunia blok-blokan yang nggak ada habisnya, lo bisa membangun apapun yang lo bayangin, dari rumah sederhana hingga kota megah. Uniknya, Minecraft juga punya mode Creative yang memungkinkan lo terbang dan ngebuild tanpa batas, sehingga imajinasi lo bisa benar-benar liar.

7. Dyson Sphere Program

Buat yang pengen ngarsitektur out of the world, Dyson Sphere Program hadir dengan tantangan yang nggak biasa. Di game ini, lo ditugaskan untuk membangun pabrik yang mengelilingi bintang. Lo nggak cuma harus desain tata letak pabrik secara efisien, tapi juga harus ngelola sumber daya dan ngatur aliran produksi. Dijamin bakal ngasah otak lo!

Bonus: Game Mobile

Kalau lo pengen ngarsitektur sambil rebahan, beberapa game mobile berikut ini bisa jadi obat gantinya:

  • Home Design: Makeover – Desarin rumah impian klien dengan gaya lo sendiri.
  • Houzz – Cari inspirasi dan temukan produk-produk desain interior untuk hunian lo.
  • Design Home – Rancang dan dekor ruangan sesuai tren terkini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *